analisis data

 Pertemuan pertama semester 2   

alif sakha r 8a/04


ada 8 elemen informatika

1. berpikir komputasional (BK)
2. teknologi informasi dan komunikasi|
3. sistem komputer (sk)
4. jaringan komputer (JK)
5. analisis data (ad)
6. algoritma dan pemograman (AP)
7. dampak sosial informatika (dsi)
8. praktik lintas bidang (plb)

dari 8 elemen diatas, semua ada di buku informatika

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/informatika-untuk-smp-kelas-viii

hari ini kami belajr tentang analisis data di bab 6, halaman 113
 



Pengertian Data

Data berasal dari bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta atau keterangan yang benar dan nyata. Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grafis, suara (audio) atau video. Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka). 


Analisis Data

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data. Misalnya, untuk menentukan pakaian hangat atau dingin, akan lebih akurat jika mempunyai data temperatur ruangan daripada hanya dengan perasaan. 

Kegiatan yang Berkaitan dengan Analisis Data. Kalian akan belajar untuk entry (merekam, meng-input, memasukkan) data hasil pengamatan atau data yang berasal dari sumber yang diberikan ke dalam format yang dapat diproses oleh komputer. Proses ini dapat dilakukan secara manual atau dengan memakai aplikasi lembar kerja.

Ketika kalian membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti ini. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu "Blank Workbook Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As. Dokumen dapat digabungkan dalam satu folder yang sama atau berbeda. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN DIGITAL LABS 2022

Pengalaman Belajar Informatika